Indahnya Masjid Baiturahman Koarmada III

SORONG, PBD – Dalam menyambut bulan suci ramadhan, masjid Baiturahman Koarmada (Komando Armada) III melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah dengan jamaah mayoritas laki – laki. Suasana sejuk dan tenang dapat dirasakan di masjid yang terletak di Koarmada III, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Masjid Baiturahman Koarmada III merupakan masjid yang berada di wilayah Koarmada III bagian dalam. Masjid ini terletak dekat dengan markas Koarmada III yang dimana terdapat sebuah pos penjagaan yang dijaga oleh para prajurit TNI AL. Saat memasuki masjid tersebut pengunjung harus melapor kepada petugas jaga. Masjid ini digunakan untuk beribadah sehari – hari mulai dari shalat Subuh hingga Isya, dan pada bulan ramadhan pelaksanaan shalat tarawih juga tetap dilaksanakan di masjid ini.

___

Masjid ini memiliki bangunan yang indah, apalagi ketika memasuki masjid. Suasana sejuk dan tenang terasa saat kita berada di dalam masjid. Dinding – dinding masjid tersebut dilapisi dengan besi emas yang menambah kecantikan dari masjid ini serta lampu yang menyoroti setiap besi emas ini menambah keindahan setiap sudut yang ada. Berlantai karpet bernuansa biru, semakin menambah keindahan Masjid tersebut.

Untuk pelaksanaan shalat tarawih di masjid ini, mereka melaksanakannya sebanyak 11 rakaat langsung dengan witirnya. Biasanya dalam suatu masjid makmum yang melaksanakan shalat fardu maupun shalat tarawih terdiri dari jamaah laki – laki dan perempuan, namun di masjid ini, uniknya para jamaah yang melaksanakan shalat tarawih merupakan anggota TNI AL yang tinggal dekat dengan markas Koarmada III.

Selain anggota TNI AL yang melaksanakan shalat tarawih di masjid tersebut, pengelola kantin barokah Sumarno ikut juga bergabung dalam pelaksanaan shalat tarawih di masjid ini.

Hal ini merupakan pertama kalinya beliau mengikuti shalat tarawih di masjid ini. Menurutnya shalat tarawih di masjid ini begitu berbeda suasananya dengan masjid yang berada di luar Koarmada III dan beliau juga menyukai keindahan yang ada di dalam masjid tersebut.

“Ini merupakan pertama kalinya Saya shalat tarawih di masjid ini, suasananya enak gitu, adem, sejuk juga saat kita masuk ke dalam masjidnya sehingga kita bisa khusyuk saat tengah melaksanakan shalat tarawih maupun shalat Fardu,” ujarnya. (Ali Nur Fatah)

___ ___

Komentar