Dapat Restu BKN dan Mendagri, Pj Walikota Sorong Lantik Pejabat Eselon 3 dan 4

SORONG, PBD – Usai mendapat ijin resmi dan persetujuan teknis dari BKN Nomor: 2418/RK02.02 tahun 2024 dan juga persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri Nomor: 100. 2.2.6/4001/002 tahun 2024, Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat melantik dan mengambil sumpah janji jabatan 80 pejabat eselon 3 dan 4, di gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (3/6/2024).

Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat mengatakan, pelantikan 80 pejabat eselon 3 dan 4 dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan akibat banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong yang mutasi dan pindah ke Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya.

__ ___

“Saya hari ini buat promosi dan juga rotasi dua puluh sembilan orang pejabat eselon tiga dan lima puluh satu orang pejabat eselon empat. Jadi semua berjumlah delapan puluh orang yang hari ini kita angkat sumpah dan janji,” ungkap Pj Wali Kota Sorong.

Ia berkata, pelantikan pejabat administrator, pengawas dan fungsional di lingkup Pemkot Sorong dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tidak ada kaitannya dengan politik.

Ia menegaskan bahwa dalam sebuah organisasi ini bukan hal baru, rotasi dan promosi itu biasa di lingkungan pemerintah dan itu kita lakukan. Oleh karena itu pelantikan tidak ada kaitan dengan politik.

“Memang Penjabat Walikota, Penjabat Bupati bahkan Penjabat Gubernur dilarang dan tidak boleh melantik, kecuali mendapat persetujuan teknis dari BKN dan persetujuan pelantikan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri dan kami mendapatkan persetujuan itu,” bebernya.

Selain itu, kata Lobat, 80 pejabat eselon 3 dan 4 yang baru dilantik juga sudah memenuhi syarat baik syarat kepangkatan dan golongan.

“Pelantikan ini tidak melanggar aturan, karena kami sudah mendapat izin dan persetujuan,” tandasnya.

Dalam pelantikan tersebut turut dijaga Polisi adat byak dan pemuda Kokoda. (Oke)

___ __ ___ ___

Komentar