oleh

15 Kegiatan Dilombakan Di Pekan Somai 2022 IAIN Sorong

SORONG,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, menggelar Pekan Seni dan Olahraga Mahasiswa (Pekan Somai) 2022 dalam rangka mendorong mahasiswa kreatif dan inovatif di bidang seni serta membangun soft skill dengan baik.

Kegiatan Pekan Somai tersebut dibuka langsung, Jumat siang (13/5/22), oleh Wakil Rektor I IAIN Sorong, Rusdi Rasyid, bertempat di Aula IAIN Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

Pekan Somai 2022 itu berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (13-14/5/22), bertempat di beberapa venue yang telah ditetapkan panitia pelaksana.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pekan Somai IAIN Sorong, Nasaruddin mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan ini, pihaknya mengabil sebutan Pekan Somai 2022, dimana dimaksudkan pihaknya, untuk mengajak mahasiswa IAIN Sorong dapat tertarik, serta turut mengambil bagian dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Peserta dalan kegiatan ini, sejumlah 80 peserta yang ikut berpartisipasi dalam item yang ditandingkan,” kata Ketua Panitia

Disambungnya, dalam penyelenggaraan Pekan Somai 2020 kali ini, pihaknya mempertandingkan sebanyak 15 item dan diikuti oleh Mahasiswa yang berasal dari 2 fakultas berbeda di IAIN Sorong. Berkaitan dengan item yang dilombakan, maka terdapat 15 item yang dilombakan pada Pekan Somai kali ini.

Dikatakannya, hari pertama kompetisi (13/5/22), panitia penyelenggara mempertandingkan berbagai item olahraga, selanjutnya pada hari kedua (14/5/22) ditandingkan berbagai item seni.

“Hari ini (13/5/22) setelah pembukaan, ada beberapa item langsung dilombakan, mulai dari silat, karate dan semua cabang olahraga, dan hari sabtu (14/5/22) semua cabang seni serta dilanjutkan dengan penutupan,” lugasnya.

Sementara itu, terkait venue (tempat) pertandingan, pihaknya telah menentukan sejumlah lokasi yang dijadikan tempat penyelenggaraan, yaitu untuk cabang lomba catur menggunakan ruang perpustakaan IAIN Sorong, dan futsal gunakan lapangan futsal Maestro di Aimas, kabupaten Sorong, sisanya dipusatkan di Aula IAIN.

Ditambahkannya, pihaknya mengucapkan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Nasaruddin.

Warek I IAIN Sorong, Rusdi Rasyid/Doc.Jharu

Selain itu, Wakil Rektor I IAIN Sorong, Rusdi Rasyid mengatakan bahwa penyelenggaraan Pekan Somai 2022 ini sebagai bentuk silaturahmi antara mahasiswa, dosen hingga pimpinan di kampus hijau tersebut.

“Ya ini Pekan Somai sebenarnya kita selenggarakan sebagai bentuk silaturahmi, antara mahasiswa dan dosen terutama pimpinan. Selain itu, mahasiswa ini kan punya berbagai macam bakat dan minat, maka dari itu kita siapkan wadah untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Kita akan terus mengasah bakat dan minat mereka, memberikan wadah, sehingga kami akan ikutan perlombaan di jenjang yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warek I IAIN Sorong, dapat mewakili IAIN Sorong pada perlombaan di jenjang Nasional dan dapat mengharumkan nama IAIN Sorong tentunya.

Pada kesempatan yang sama, selain melibatkan mahasiswa IAIN Sorong, dikatakan juga oleh Warek I IAIN Sorong, penyelenggaraan event kampus ini kedepannya dapat melibatkan pelajar tingkat SMA, SMK hingga Ponpes.

“Selain diikuti oleh mahasiswa IAIN Sorong, event kampus ini dapat melibatkan pelajar tingkat SMA, SMK, sekolah umum, bahkan pondok pesantren pun dapat turut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event kampus kedepannya,” tutup Rusdi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, 15 item yang akan ditandingkan dalam Pekan Somai IAIN Sorong 2022, diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an 10, 20, 30 Juz (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Stand Up Comedy, Puitisasi Al-Qur’an, Film Pendek, Monolog, Kaligrafi, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Bulutangkis, dan Futsal. Dimana dari 15 item yang ditandingkan, diikuti sebanyak 80 peserta dari 2 fakultas berbeda di kampus hijau, IAIN Sorong. (Jharu)

Komentar