oleh

Sejumlah Masjid Terapkan Protokol Kesehatan, Sebagian Pasrah

Sorongnews.com – Meski sebagian wilayah di Papua Barat masih dinyatakan sebagai zona merah Covid 19, Pelaksanaan Sholat Idul Adha di wilayah Papua Barat tetap dilakukan oleh sejumlah Masjid, Jumat (31/6/20).
Laporan kontributor sorongnews.com dari Manokwari, Aida Nasution menuturkan bahwa pelaksanaan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan di Prafi SP 3 dilaksanakan di 5 tempat, yakni Masjid Baitul Hikmah jalur 4, Musholah Darunnajah jalur 1 bawah, Musholah Darul Ulum jalur 2 atas, Musholah Miftahul Ulum jalur 2 atas dan Musholah Darus Syafaat jalur 9 bawah, dengan jamaah yang terbatas.
Pelaksanaan Shalat Idul Adha diwilayah setempat sebelum adanya pandemic dilaksanakan terpusat di Masjid Baitul Hikmah, namun selama masa pandemic dibagi menjadi 5 titik pelaksanaan sholat dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak setiap shaf dan selalu menggunakan masker saat melaksanakan Shalat Idul Adha, bahkan di setiap tempat pelaksanaan ada petugas kesehatan yang melakukan cek suhu dengan Termogan. Ada pun jamaah yang melaksanakan Shalat Idul Adha tidak memakai masker masing-masing dipersilahkan pulang untuk mengambil masker. 

suasana sholat didalam Masjid di Prafi Manokwari

Sejumlah kontributor di Sorong juga menyatakan bahwa sejumlah masjid di Kota Sorong, seperti Masjid Al Akbar, melakukan penerapan protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan Virus Corona. 
Sedangkan wilayah Kabupaten Sorong, pelaksanaan Sholat Ied dilaksanakan di alun-alun Aimas dan sejumlah Masjid dengan penerapan protokol kesehatan.
Meski sebagian menerapkan protokol kesehatan, sejumlah Masjid lainnya kurang mensosialisasikan protokol kesehatan. Dengan tidak adanya pengecekan suhu tubuh dan tidak adanya kewajiban penggunaan masker.
Dibeberapa masjid, terlihat penumpukan jamaah dengan tidak mengatur jarak karena membludaknya jamaah.

Salah satu pengurus Masjid yang enggan disebutkan namanya mengatakan pasrah dengan membludaknya jamaah hingga mengabaikan jarak atau shaf.
“Ini kerinduan jamaah karena sebelumnya sholat Idul Fitri, dilarang Sholat di Masjid, makanya Sholat Idul Adha kali ini semua berbondong-bondong mengikuti Sholat Ied. Kami pasrah kalau nanti kena virus Corona. Semua penyakit datang dari Allah dan Allah yang maha menyembuhkan,” ujarnya pasrah.
Pengawasan dari tim gugus tugas Covid 19 di wilayah Papua Barat juga tidak terlihat. Semuanya dikembalikan kepada pengurus Masjid dalam penerapan protokol kesehatan. (Aida, ola)

Komentar