oleh

Mie Ayam Nyonya Yap Beda Dari Yang Lain

Sorongnews.com – Bagi Anda pecinta Mie, Anda harus coba menu Mie Ayam atau Loumie milik Nyonya Yap yang berada di Jalan Sultan Hasanudin lorong Masjid Al Jihad Kota Sorong, Papua Barat.

Warung Mie Ayam Nyoya YAP/ Doc.Ola

Selain Mie Ayam, Loumie juga terlihat nyaris sama. Namun yang membedakan adalah campuran kuahnya yang lebih kental ditambah campuran bawang putih goreng, ebi kering dan irisan tipis cumi kering. Rasa seafood yang begitu nendang, beradu menjadi satu kesatuan yang tak terbantahkan saat menikmatinya. Perpaduan gurih dari ebi, harumnya bawang putih goreng, terasa pas dengan kuah yang lebih sedikit manis dibandingkan Mie Ayam. Saat memakan Loumie, Saya lebih suka menambahkan kecap manis dan sambal kuning baru kemudian terasa pas hingga tak bersisa.

Mie ayam yang dibuat oleh Nyonya Yap ini terbilang lain dengan mie ayam pada umumnya. Dari tekstur mienya, terlihat lebih tebal dan kenyal. Ditambah toping ayam giling, pangsit basah, sayur sawi, kemudian disiram kaldu menambah cita rasa tersendiri. Saat mencicipi kuahnya, perpaduan rempah dan kaldu yang gurih bercampur dilidah membuat sensasi tersendiri. Kemurnian kaldu itu, hingga membuat Saya enggan mencampurnya dengan kecap, saos maupun sambal. Namun jika ingin menambah rasa pedas, Nyonya Yap menyediakan acar rica biji sebagai tambahan pedas dalam menu Mie.

Mie Ayam Nyonya YAP/ Doc. Ola

Kartika Yap, pemilik kedai sederhana itu bercerita, kedai miliknya yang berada di parkiran Ruko itu baru dimulai sekitar 2 minggu. Ia mengusung mie ayam dan loumie karena ingin menyajikan menu berbeda dan menambah khasanah kuliner di Sorong. “Semua yang ada disini, dijamin halal,” tembah Kartika. Untuk harga disini terbilang cukup terjangkau, per porsi mie ayam biasa Rp.20.000, Loumie biasa Rp.27.000 harga bisa bertambah jika kita menambah toping dalam menu pilihan kita, seperti pangsit dan bakso. Untuk minuman sendiri juga sangat terjangkau mulai dari Rp.5.000 hingga Rp.10.000. (Ola)

Komentar