Danpasmar 3 Panen Raya Semangka

SORONG, – Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi didampingi Ketua Korcab Pasmar 3 Elis Edi Juardi melaksanakan panen raya buah semangka di lahan ketahanan pangan wilayah binaan Pasmar 3, SP1 Klamalu, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Jumat (30/04/2021).

Panen raya buah semangka ini merupakan upaya Pasmar 3 dalam rangka mensukseskan dan mendukung program ketahanan pangan nasional di masa pandemi Covid-19. Mengapa dipilih buah semangka, karena perawatan tanaman yang mudah dan membutuhkan waktu kurang lebih 70 hari mulai dari penanaman bibit sampai dengan panen. Hal yang mendukung tekstur dan jenis tanah diwilayah SP 1 Klamalu sangat cocok untuk budidaya tanaman buah semangka dan dekat dengan sumber air, sehingga mudah dalam proses pengairan.

Perlu diketahui bahwa lahan ketahanan pangan buah semangka Pasmar 3 tersebut dikelola oleh salah seorang anggota Denma Pasmar 3 bekerja sama dengan Bapak Sudarmono warga masyarakat SP1 Klamalu dengan menggarap tanah seluas 1 Ha dan ditanami dengan jenis semangka Madrid.

Disela-sela kegiatan Komandan Pasmar 3 mengatakan, panen raya buah semangka ini merupakan bukti nyata bahwa Pasmar 3 betul-betul serius mengolah lahan yang tadinya lahan tidur dan dirawat secara sungguh-sungguh maka kita akan meraih hasil sesuai dengan yang kita harapkan.

“Tidak hanya buah semangka, ada beberapa jenis tanaman pangan yang sudah dibudidayakan diantaranya, jagung, singkong, cabai dan beberapa jenis sayur-sayuran serta budidaya ikan air tawar. Masa pandemi covid-19 yang belum berakhir membuat tanaman pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan dan dipertahankan demi mewujudkan swasembada pangan nasional,” tambahnya.

Dari hasil panen raya tersebut diperkirakan mencapai berat 4 sampai 5 ton dan akan dibagikan merata kepada prajurit Denma Pasmar 3 serta masyarakat sekitar Kesatrian Agoes Soebekti Mako Pasmar 3.

Kegiatan panen raya ini ditandai dengan pemotongan buah semangka secara simbolis oleh Komandan Pasmar 3 dan Ketua Korcab Pasmar 3 serta diikuti oleh Asisten Danpasmar 3 dan Dansatlak Pasmar 3. (*/Oke)

__ ___ __ ___ __ ___ ___

Komentar